Teknik Informatika UNISNU Menjawab Kebutuhan Cloud Computing


Apa itu Cloud Computing ?

Cloud Computing yang dalam pengertian bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi komputasi awan, beberapa tahun terakhir ini telah menjadi - Hot word ‖ di dunia teknologi informasi (TI). Seluruh nama besar seperti IBM, Microsoft, Google, dan Apple, saat ini sedang terlibat dalam peperangan untuk menjadi penguasa terbesar terhadap awan ini. Tentu saja masing - masing mengeluarkan jurusnya sendiri- sendiri IBM  di  paruh  akhir  tahun  2009  kemarin  telah  meluncurkan  LotusLive,  layanan  kolaborasi berbasis cloud.

Microsoft, yang sekarang di perkuat oleh Ray Ozzie sebagai  Chief Software Architect pengganti Bill Gates, menggadang Windows Azure, sistem operasi berbasis cloud yang akan menjadi masa depan Windows OS.

Apple  mengambil  sisi  lain,  telah  menyediakan  layanan  Mobile  Me  yang  memungkinkan pengguna produk Mac, untuk melakukan sinkronisasi data ke Dalam cloud. Sementara google ―raksasa yang  lahir  di era  internet sudah sejak lama memberikan suatu layanan yang dikenal dengan nama  “Google Docs”. Dengan layanan ini memungkinkan user dapat membuat dokumen atau dapat bekerja kerja dengan spread sheet secara  online  tanpa perlu menginstall software di PC atau Notebook.

Bahkan google juga meluncurkan system operasi cloud-nya, yang sistem operasi alternative dari system operasi yang sudah ada, yang mungkin juga menjadi ancaman serius bagi penyedia sistem operasi.

  • Cloud Computing  adalah gabungan pemanfaatan  teknologi komputer  ('komputasi ') dan pengembangan berbasis  Internet  ('awan').  Awan  (cloud)  adalah metefora dari internet, sebagaimana  awan  yang  sering  digambarkan  di  diagram  jaringan  komputer,  awan (cloud)  dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Internet Cloud adalah suatu model komputasi dimana kapabilitas terkait teknologi informasid isajikan sebagai suatu layanan, sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Inter net.
  • Cloud Computing adalah  suatu  konsep  umum  yang  mencakup  SaaS (software  as  a service), Web 2.0, dantren teknologiterbarulain yang dikenalluas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna.
  • Cloud  computing  adalah  istilah  untuk  kegiatan  menyelesaikan  suatu  proses  atau perhitungan  melalui  internet  dengan  memanfaatkan  sumber  daya  yang  dimiliki  oleh suatu kumpulan komputer yang saling terhubung di suatu tempat.
  • Cloud computing  adalah teknologi yang menggunakan internet dan server pusat yang jauh untuk menjaga/mengelola data dan aplikasi.
  • Cloud  Computing  secara  sederhana  dapat  dide finisikan  adalah  "layanan  teknologi informasi  yang  bisa  dimanfaatkan  atau  diakses  oleh  pelanggannya  melalui  jaringan internet".  Kata - kata  "Cloud"  sendiri  merujuk  kepada  simbol  awan  yang  di  dunia  TI digunakan untuk menggambarkan jaringan internet ( internet  cloud ).
  • Cloud  Computing  bisa  diartikan  sebagai  suatu  model  yang  memungkinkan  jaringan dapat diakses dengan mudah sesuai kebutuhan di berbagai lokasi.dimana model ini memungkinkan untuk mengumpulkan sumber daya komputasi seperti network, server, storage, aplikasi dan services dalam satu wadah.
  • Menurut  sebuah makalah  tahun  2008  yang  dipublikasikan  IEEE Internet Computing  Cloud Computing merupakan suatu paradigma dimana suatu informasi secara permanen tersimpan di server (di Internet ) dan tersimpan secara  sementara di computer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, computer tablet, notebook, sensor - sensor dan lain lain.

Cloud Computing di Abad Milenium

Cloud  computing  sebuah  jargon  baru  diabad  milenium  yang  lahir  untuk merepresentasikan  semua  hal,  sebuah  konsep  baru  yang  merubah  mekanisme bagaimana  mengembangkan  sistem  dilakukan.  Sebuah  metode  virtualisasi  yang memungkinkan sistem operasi, middleware, database server, email server sampai web itu sendiri adalah satu lapisan yang sama. Padahal kita tahu tidak ada satu server pun yang tidak dapat berjalan tanpa sistem operasi.

Cloud  ini  telah  menjadi  backbone  dan  infrastruktur  pendukung  baik  di  Google, Facebook,  Yahoo  maupun  diberbagai  dotcom  dunia.  Saat  ini  konsep  cloud  ini  telah memasukin  perusahaan-perusahaan,  dan  sedang  mentransformasi  penyimpanan  dan operasi  perusahaan.  Mekanisme  backup  dan  recovery  yang  dijadikan  standar  operasi pemeliharaan  sistem,  telah  bertransformasi  menjadi  real  time  data  warehousing, karena  penambahan  informasi  tidak  memungkinkan  dibackup  kembali.  Karena  sistem harus  berjalan  24  jam  setiap  hari  dan  tidak  boleh  ada  masalah.  Google  memiliki layanan  gmail  yaitu  sebuah  mail  gratis  untuk  dunia,  pernah  mengalamin  masalah  30 menit  dalam  sejarah  Google  berdiri,  telah  menjadi  bulan-bulanan  berita  kehandalan diberbagai  media  masa.  Quality  of  Services  sangat  penting  dalam  dunia  Internet  ini, tentu  saja  diperlukan  untuk  membuat  para  pengakses  yang  semakin  banyak  merasa nyaman.

Adapun berbagai tipe dari implementasi cloud computing adalah sebagai berikut:

  1. SaaS –  Software as a Service, berbentuk aplikasi, contohnya adalah Salesforce, NetSuite
  2. PaaS  –  Platform  as  a  Service,  implementasi  dari  database,  file  system,  web server, middleware, contohnya adalah Heroku, Engine Yard, Azure
  3. IaaS  –  Infrastructure  as  a  Service,  berbentuk  virtualisasi  dari  infrastruktur seperti Amazon, Rackspace

Cloud Computing Teknik Informatika UNISNU Jepara

selalu berusaha untuk mengupdate tren teknologi untuk diterapkan di pembelajaran, salah satunya adalah menggunakan layanan cloud computing pada mata kuliah sistem operasi.

Menilik sejarah mata kuliah sistem operasi di Teknik Informatika UNISNU Jepara, sebelumnya pada mata kuliah sistem operasi mahasiswa diperkenalkan struktur dan konsep kerja sistem operasi dalam pengelolaan operasional komputer. Adapun selain mahasiswa mengetahui konsep sistem operasi, dan pada praktikumnya sendiri mahasiswa diperkenalkan seluk beluk sistem operasi Windows, dan instalasi sistem operasi berbasis linux di lingkungan virtualisasi, dalam hal ini menggunakan VirtualBox.

Pada mata kuliah sistem operasi semester genap tahun ajaran ini, mahasiswa diperkenalkan dengan salah satu platform SaaS yaitu cloud9 yang beralamat di https://c9.io. Nah cloud9 sendiri sebenarnya adalah platform SaaS yang disediakan bagi developer agar beralih melakukan coding di lingkungan cloud. Biasanya seorang programmer menulis source code di komputer lokalnya atau di laptop, tetapi dengan cloud9 programmer bisa langusng menulis kode di sana. Ibaratnya jika selama ini programmer menulis source code menggunakan notepad++, sublime text, netbeans dan juga harus mempersiapkan lingkungan pengembangan misalnya menginstall XAMPP, maka dengan menggunakan cloud9, programmer tidak perlu mempersiapkan itu semua karena sudah tersedia di cloud9 yaitu IDE (support 40 bahasa pemrograman), konfigurasi instan berbagai bahasa pemrograman dan tentunya sumber daya gratis (1 cpu, 1gb ram, 5Gb disk). Nah tentunya di mata kuliah sistem operasi, mahasiswa belum masuk ke arah coding tetapi penguasaan perintah-perintah dasar linux sangat diwajibkan jika suatu saat mahasiswa nanti menjadi seorang programmer dia juga diharuskan mampu untuk mendeploy aplikasinya ke dalam server yang berbasis linux.


Admin Unisnu

Komentar