Profil Teknik Informatika (S1) - Fakultas Sains dan Teknologi - UNISNU Jepara

Ijin Pendirian dengan SK No. 149/E/O/2013
Lulusan Teknik Informatika Menyandang Gelar Sarjana Komputer (S.Kom)

Ketua Program Studi Teknik Informatika: Akhmad Khanif Zyen, M.Kom

Dosen Teknik Informatika :

  1. Ir. Adi Sucipto, M.Kom
  2. R. Hadapiningradja Kusumodestoni, S.Kom, M.Kom
  3. Buang Budi Wahono, S.Si, M.Kom

Visi Program Studi Teknik Informatika UNISNU

Pada tahun 2025 menjadi Program Studi Teknik Informatika yang unggul dalam mengembangkan Iptek,  serta sumber daya manusia yang cendikia, berakhlakul karimah dan berkepribadian Ahlusunnah Wal Jama’ah dari tingkat Nasional sampai Internasional.

Misi Program Studi Teknik Informatika UNISNU

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dalam bidang Teknik Informatika, sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif, beretika dan bermoral.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama melalui kegiatan penelitian yang bermutu, publikasi ilmiah serta kepemilikan hak atas kekayaan intelektual sebagai upaya pengembangan ilmu pengetahuan kerekayasaan dan teknologi.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk memecahkan persoalan masyarakat sebagai upaya penetapan dan pengembangan ilmu pengetahuan Teknik Informatika.
  4. Melakukan evaluasi secara teratur untuk meningkatkan kualitas, profesionalisme, kapabilitas, akuntabilitas dan tata kelola serta kemandirian dalam penyelenggaraan program studi.

Tujuan Pendidikan Program Studi Teknik Informatika UNISNU

  1. Menghasilkan mahasiswa yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, berdaya saing tinggi, mampu bekerja sama, profesional dan berakhlaqul karimah.
  2. Menghasilkan penelitian dengan pendekatan yang memadukan kearifan lokal dan global yang berkontribusi positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan dapat diterapkan dalam bentuk pengabdian pada masyarakat.
  3. Menghasilkan jalinan kerja sama yang sinergis antara perguruan tinggi, industri, masyarakat, dan pemerintah dan pihak-pihak lainnya dalam rangka pembangunan bangsa yang unggul.
  4. Meningkatkan kompetensi SDM yang berkualitas mampu melayani dan menjalankan tugasnya dengan baik.

Sasaran Program Studi Teknik Informatika UNISNU

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi utama agar menjadi profesional, yang  bekerja sesuai dengan bidang yang ditekuninya (Bidang Teknik Informatika).

2. Menghasilkan lulusan yang memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi atas kepercayaan yang diberikan kepadanya dalam menjalankan tugasnya di institusi tempat ia bekerja.

Kemampuan Lulusan Program Studi Teknik Informatika UNISNU

  • Web/Dekstop Programming
  • Programmer
  • Game dan Mobile Programming
  • Jaringan Komputer Terapan
  • Animator dan Desainer Grafis
  • Tenaga Pendidik dan Konsultan IT

Peluang Kerja Lulusan Program Studi Teknik Informatika UNISNU

Hampir disemua sektor menggunakan komputer dan perangkat lunak, sehingga peluang kerja untuk lulusan program studi Teknik Informatika sangat luas.

Mahasiswa Transfer :

  1. Mahasiswa transfer adalah lulusan D3 dari Perguruan Tinggi yang melanjutkan ke S1 Reguler, yaitu dengan menyerahkan fotocopy ijasah dan transkrip nilai.
  2. Atau mahasiswa S1 dari Perguruan Tinggi lain, yaitu dengan menyerahkan transkrip nilai yang telah di syahkan PT asal, dan menyerahkan Surat Keterangan Pindah dari Perguruan Tinggi  asal.