AVERTEBRATA AIR


JENDELA KULIAH  oleh Ir. Noor Hamid, M.Sc, 22 May 2015

 

AVERTEBRATA AIR

 

Mata kuliah ini membahas segala mahluk hidup air aquatic living organism. Kita biasanya mempunyai asosiasi, itu pasti ikan. Tetapi nama mata kuliah tidak menyebut ikan. Ikan adalah salah satu mahluk air tetapi tak termasuk avertebrata karena ikan mempunyai vertebrae (=tulang belakang). Mana yang termasuk avertebrata (tak bertulang belakang). Banyak sekali, lebih banyak lagi di perairan laut.

 

Ternyata menurut para ahli hewan air merupakan pendahulu kehidupan di bumi. Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa terbentuknya hewan dimulai dari Protozoa kemudian Porifera,  Coelenterata, sampai pada tingkat Mamalia. Jadi, hewan tersebut mengalami perkembangan dari satu sel menjadi banyak sel hingga terbentuk triplobastik aselomata, pseudoselomata, sampai selomata.

 

Mari kita lihat  pengelompokkannnya.


”Sponge box adalah sel amoboid dalam tubuh Porifera”

 

a. Filum Porifera

Nama Porifera berasal dari bahasa latin, porus yang berarti lubang, dan ferre yang berarti membawa atau mempunyai. Porifera adalah salah satu contoh Avertebrata. Berdasarkan asal katanya, Porifera ini merupakan kelompok hewan yang mempunyai pori. Tahukah Anda bunga karang. Bunga karang ini merupakan jenis hewan dari kelompok Porifera, sangat sulit dibayangkan bukan, karena bila dilihat bentuknya seperti tumbuh-tumbuhan. Apabila Anda pergi ke pantai dan menemukan bunga karang, cobalah amati bentuk morfologi dan bandingkan dengan gambar “ corral”. Cobalah datang ke Karimun Jawa lihatlah keindahan bawah laut. Berbagai bentuk Porifera dapat anda saksikan. Bila anda pecinta keindahan pasti mengenal keindahan paling exotic di muka bumi yaitu Pulau pulau Raja Ampat. Betapa hebatnya mahluk halus itu menyusun keindahan dengan tubuhnya, terangkai secara alami, bertumbuh silih berganti selamanya tak henti. Kita kenali dan kita sayangi, dan bangga ada di negeri kita Indonesia.

Gambar 1. Berbagai avertebrata menyusun “corral” yang exotic. Karang Kapal Karimun Jawa

 

 

Gambar 2. Raja Ampat Papua diving, …. Beautiful. Porifora pendukung kehidupan berbagai ikan

 

Gambar 3. Porifera menyusun keindahan corral di Raja Ampat Papua

 

 

 

 

 

 


Admin Unisnu

Komentar